Daftar BlogQ

Kamis, 11 September 2014

Bukan Hanya Tentang Aku dan Kamu

Di dunia ini...
Tidak hanya ada aku dan kamu...
Kita bisa di sini juga bukan secara tiba-tiba...
Kita masing-masing terbagi dalam kelompok-kelompok kecil yaitu keluarga..
Dalam sebuah keluarga...
Kita punya orang-orang yang selalu mendukung dan menyayangi kita..
Ada ibu, bapak, kakak, adik, nenek, kakek, dan saudara lainnya...
Kita tidak sendirian di dunia ini..
Kita hidup di dalam masyarakat....

Kata Bapakku,
"Yang namanya hidup di dalam masyarakat, kita harus menyesuaikan diri dengan lingkungan"....

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan...
Bukan hanya tentang aku saja..
Bukan hanya tentang kamu saja..
Bukan hanya tentang keluarga saja..
Ataupun bukan hanya tentang masyarakat saja...
Semua itu berkaitan dan tidak bisa diuraikan.....
Saling berhubungan dan saling membutuhkan..
Karena pada dasarnya, kita mahkluk sosial....

Keadaan seperti saat ini...
Ikatan ini....  Juga bukan hanya tentang aku dan kamu saja....
Ini semua tentang tanggung jawab....

Hal ini terjadi karena hubungan sebab-akibat....
Ketika keinginanmu tidak bisa aku bendung....
Ketika memutuskan untuk tetap mempertahankanku...
Tentang masa laluku... itu sudah masa laluku....
Dan sebelum semua kejujuranku ini...
Sudah berkali-kali kita membicarakannya dengan panjang dan lebar...
Banyak kata-kata yang kamu bilang, "iya, Aku paham, sayang"...

Sayang....
Keadaan ini memang tidak baik...
Tapi sampai kapan,, kamu akan mengerti??
Kamu tutup mata, kamu tutup erat telingamu...
Kamu tidak pedulikan tentang perasaan....
Tentang kesetiaan dan komitmen....

Sayang....
Kesedihan ini bukan hanya aku yang merasakan....
Bapak-ibu ku... merasakan hal yang sama hebat....
Melihatku terpuruk selama berbulan-bulan..
Tanpa harapan menjadi lebih baik..
Segala usaha.. tak membuahkan hasil...
Malah kamu bilang aku memaksa...



Sayang....
Kesedihan ini bukan hanya kamu yang merasakan...
Pernah kamu pikirkan?
Bagaimana perasaan ibu-bapakmu...??
Melihat satu-satunya ujung tombak harapan mereka seperti ini...
Yang mereka kasihi dari kecil...
Merawat dan membimbingmu hingga saat ini....
Pernahkah kamu pikirkan perasaan ibumu?
Yang mengajari arti dari kasih sayang, kesetiaan, dan keikhlasan...
Pernahkah kamu pikirkan perasaan bapakmu?
Yang mengajari arti dari tanggung jawab, kebijaksaan, dan keputusan....

Yang dibanggakan dari seorang anak laki-laki...
Adalah kebijaksanaannya dalam memilih dan mampu bertanggung jawab dengan pilihannya...
Sayang,,,
Aku tidak pernah memintamu untuk mengejarku sedemikian hebatnya...
Sebelumnya, aku tidak pernah memintamu untuk mencintaiku...
Karena aku pikir dan aku yakin...
Kamu sudah tahu...
Kamu sudah memikirkan semuanya... sejauh mungkin...

Berkali-kali..
Aku mencoba memberikan pengertian dan mengusik keyakinanmu...
Tapi kamu tetap bertahan.. dengan alasan "aku mencintaimu"...
Kenapa sekarang jadi seperti ini sayang?
Disaat kita baik-baik saja..
Disaat setiaku masih aku jaga untukmu...

Kesedihan ini bukan cuma milikku seorang...
Tapi banyak yang lainnya...
Karena kita hidup di dunia ini..
Bukan hanya sendiri...
Banyak yang harus diperhatikan....
Keluarga, masyarakat dan lingkungan....

Sudahlah sayang.....
Sudah jangan begini....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar